• Kendal Tanggap Covid-19
blog-img-10

Posted by : ikp

Petugas BPS Melakukan Sensus Penduduk dengan Protokol Kesehatan

Kendal – Badan Pusat Statistik (BPS) Kendal mulai hari ini telah melakukan Sensus Penduduk secara serentak di seluruh Kabupaten Kendal  dengan target 100 persen selama 15 hari, Selasa (1/9/2020).

918 petugas telah dikerahkan untuk mensukseskan sensus penduduk tahun 2020, kegiatan awal sebelum malakukan sensus pihak BPS melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak Kecamatan, Balai Desa dan terakhir penyesuaian data di pihak Rukun Tetangga (RT) dan dilanjutkan pendataan ke rumah-rumah.

Kepala BPS Kendal Ummi Hastuti menjelaskan, seluruh petugas sebelumnya telah diberikan pembelajaran mandiri termasuk peralatan protokol kesehatan.

“Seluruh petugas sudah kita berikan pelatihan, termasuk kita berikan perlengkapan pencegahan covid-19 seperti face shield, masker, termasuk Hand Sanitizer. Kita juga sebelumnya konfirmasi kepada pihak desa setempat sebelum melakukan sensus,” Jelas Ummi Hastuti.

Adapun konfirmasi kepada pihak desa bertujuan untuk mengetahui apakah ada yang perlu diperhatikan selama melakukan sensus oleh petugas sepertihalnya rumah yang dapat dikunjungi atau yang tidak dapat dikunjungi.

Kepala Desa Kebonharjo Rosidi mengatakan. Jika daerahnya masuk dalam zona merah sehingga dihimbau kepada petugas sensus untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Protokol kesehatan diharapkan untuk tidak dikesampingkan mengingat daerah kami sudah masuk zona merah, saya berpesan kepada petugas apabila ada warga yang tidak mengenakan masker untuk diperingatkan terlebih dahulu sebelum melakukan sensus ke rumah tersebut,” ungkap Rosidi.

Tekrkait waktu sensus BPS Kendal akan melakukan dari pagi hingga malam hari, untuk malam hari dilakukan apabila responden atau pemilik rumah tidak dapat ditemui pada pagi atau siang hari.

Sementara itu fungsi dari data kependudukan menjadi kunci penting untuk membuat kebijakan di berbagai bidang mulai dari pangan, perumahan, pendidikan, kesehatan, hingga transportasi. (Diskominfo/AK).